Minggu, 09 Desember 2012

Makalah EFEK NSAID

BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang

Inflamasi adalah merupakan suatu responsprotektif yang normal terhadap suatu luka pada jaringan yang disebabkan oleh trauma fisik, zat kimia yang merusak, atau zat – zat microbiologi. Inflamasi adalah usaha tubuh untuk menginaktivasi atau merusak organisme yang menyerang,menghilangkan zat iritan, dan mengatur derajat perbaikan jaringan. Jika penyembuhan lengkap, proses peradangan biasanya reda. Namun,  terkadang inflamasi tidak dapat dicetuskan oleh suatu zat yang tidak berbahaya seperti tepung sari,atau oleh suatu responns imun seperti asma atau arthritis rematoid.

            Obat – obat anti inflamasi non-steroid (NSAID) merupakan suatu kelompok obat yang secara  kimiawi tidak sama, yang berbeda aktivasi anti piretik, analgesic dan anti inflamasinya. Obat – obata ini terutama bekerja dengan cara menghambat enzim siklo-oksigenasi, tetapi bukan enzim lipoksigenase. Aspirin adalah prototip dari kelompok ini; yang paling umum digunakan dan merupakan obat yang dibandingkan dengan semua obat anti inflamasi. Namun, sekitar 15% penderita menunjukkan tidak toleran terhadap aspirin. Oleh karena itu, obat – obat NSAID lain bermanfaat bagi individu ini. Selain itu, pada penderita tertentu,beberapa obat NSAID beru lebih superior daripada aspirin karena aktivitas anti inflamasinya lebih besar da mempunya efek samping yang serius yaitu dapat menyebabkan lebih sedikit iritasi pada lambung.

1.2  Tujuan

1.Mengetahui definisi NSAID
2.Mengetahui jenis-jenis obat NSAID (non steroid anti inflamasi drugs)
3.Mengetahui kegunaan obat NSAID
4.Mengetahui efek samping NSAID

1.3  Manfaat

Hasil dari penulisan ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada semua pihak, khususnya kepada mahasiswa untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai NSAID. Manfaat lain dari penulisan makalah ini adalah dengan adanya penulisan makalah ini diharapkan dapat dijadikan acuan didalam kehiduan masyarakat dan khususnya bagi para mahasiswa.

Untuk makalah EFEK NSAID selengkapnya dapat di download di bawah ini :
>> DOWNLOAD FILE SELENGKAPNYA

*Tugas Seminar Ilmiah PK2MABA FKUB 2010

-

0 komentar:

Posting Komentar

THANKZ ^___^